Rabu, 01 Agustus 2012

Ciri-ciri Khusus Yang Di Miliki Makhluk hidup.

Ciri khusus pada hewan.

Cicak
Kalau kita perhatikan, cicak bisa merayap di dinding dan langit-langit rumah tanpa jatuh. Karena cicak memiliki tonjolan berbentuk garis dan alat perekat pada telapak kakinya. Makanan cicak adalah nyamuk. Cara cicak menangkap nyamuk dengan lidahnya yang panjang dan lengket. Untuk melindungi diri dari bahaya, cicak akan memutuskan ekornya.


Unta
Unta hidup di padang pasir. Unta memiliki punuk untuk menyimpan cadangan makanan saat perjalanan jauh. Punuk unta berjumlah 1 atau 2. Unta bisa berjalan di padang pasir tanpa minum selama 1 bulan. Jika unta sangat kehausan, unta bisa meminum air sebanyak 57 liter. Tanda-tanda isi cadangan makanan pada punuk unta mau habis adalah punuk unta akan mengecil dan mengerut. Unta tidak berbau dan hanya sedikit mengeluarkan kotoran.


Kelelawar
Kelelawar tidur di siang hari dan aktif di malam hari. Untuk mencari makan, kelelawar tidak hanya menggunakannya dengan indra penglihatannya saja tetapi, juga menggunakan suara. Pantulan bunyi dari mangsanya atau pohon akan di tangkap kembali dengan indra pendengarannya yang tajam. Kemampuan kelelawar untuk mengetahui mansanya dan arah terbang dengan mengeluarkan bunyi di sebut ekolokasi.


Ikan Pemanah
Makanan ikan pemanah adalah serangga di atas permukaan air seperti lalat. Cara mendapatkan makanannya pertama, ikan pemanah menyemburkan air ke serangga sehingga serangga itu jatuh ke air. Lalu ikan pemanah akan langsung memakannya.


Ciri khusus pada tumbuhan.

Bunga Rafflesia
Bunga Rafflesia adalah bunga terbesar di dunia. Bunga Rafflesia tidak memiliki klorofil. Bunga Rafflesia mengeluarkan bau tidak sedap. Makanan bunga Rafflesia adalah lalat. Cara menarik perhatian lalat dengan bau busuknya. Jika Lalat hinggap di bunga Rafflesia, bunga Rafflesia akan memakannya. Bunga Rafflesia bisa memantulkan cahaya, sehingga di malam hari bunga Rafflesia terlihat terang.


Bunga Karang
Bunga karang berada di dasar laut. Makanan bunga karang adalah kotoran yang melewati lubang lubang pada tubuh bunga karang. Setelah itu sisa makanan bunga karang akan keluar melalui lubang pada kepala bunga karang. Sisa makanan bunga karang adalah air.


Teratai
Teratai memiliki daun yang lebar. Fungsi daun yang lebar adalah untuk mempercepat penguapan air. Kalau daun teratai kecil, teratai akan mati karena kebanyakan air. Akar teratai merambat. Jika batang teratai di potong terdapat rongga-rongga. Rongga-rongga itu berfungsi untuk menyalurkan oksigen ke akar dan ke batang.


Kaktus
Kaktus hidup di padang pasir. Akar kaktus sangat panjang. Batang pohon kaktus terdapat air dan kulit kaktus tebal agar air di dalam batang tidak bocor. Daun kaktus kecil untuk penguapan air yang sedikit. Jika daun kaktus lebar, penguapan akan semakin cepat dan kaktus akan mati karena kekeringan.



Gimana? sudah dapat ilmunya? tungguin postingan Michii-chan yang lain yaa~

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Berkomentarlah Dengan Sopan ! Terimakasih~